MHY: Jangan cepat berpuas diri dan terus mengasah kemampuan dibidang masing-masing

KAMPAR(auranews.co.id) – Sebanyak 15 Siswa SMAN 1 Bangkinang Kota akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Riau yang akan digelar bulan Juni mendatang. Ke-15 siswa ini lolos seleksi setelah mengikuti Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten beberapa waktu lalu.

Kepala SMAN 1 Bangkinang Kota, M. Hendra Yunal, S.Pd.I, MSi mengaku bangga dan bahagia atas prestasi yang telah diraih oleh siswanya tersebut sebab jumlah yang lolos olimpiade tahun ini lebih banyak dari pada tahun lalu.

“Dengan keberhasilan yang dicapai oleh anak-anak siswa kita merupakan kabar yang menggembirakan bagi pihak sekolah, sebanyak 15 orang lolos Olimpiade Sains Nasional Tingkat kabupaten dan maju tingkat Provinsi,” kata M. Hendra Yunal kepada auranews, Senin (08/05/2023) siang.

Menurutnya, prestasi siswa lolos Olimpiade Sains Nasional pada tahun 2023 ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yang mana pada tahun 2022 lalu SMAN 1 Bangkinang Kota mengutus 12 siswa mengikuti Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi.

“Syukur Alhamdulillah kami ucapkan kepada Allah SWT dan ucapan terimakasih kepada bapak/ibu guru pembimbing yang telah bertungkus lumus dan berdedikasi membimbing anak-anak kita ini sehingga mereka lolos ke tingkat Provinsi,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa MHY ini menambahhkan bahwa dari 15 Siswa yang lolos ini, 11 Siswa berasal dari kelas yang sama yakni kelas XI MIPA 7.

“Terimakasih kami ucapkan kepada siswa-siswi yang telah mengharumkan nama SMAN 1 Bangkinang Kota, mereka adalah duta-duta sekolah. Bahkan, dari 15 orang ini, 11 orang itu berasal dari satu kelas. Yang mana kelas ini memang kita persiapkan sebagai kelas olimpiade,” kata MHY.

Ia berpesan agar siswa dan siswi SMAN 1 Bangkinang Kota jangan cepat berpuas diri dan terus mengasah kemampuan dibidang masing-masing.

“Kami berharap prestasi kali ini menjadi motivasi bagi siswa yang lain bahwasanya kalau kita memang sungguh-sungguh dan mempersiapkan diri ternyata kita akan berhasil. Tidak hanya dibidang olimpiade sains ini saja, termasuk dibidang lain misalnya olimpiade olahraga, olimpiade seni dan lomba-lomba lainnya,” tegas MHY.

Sementara itu, Fikram Muhammad Resita Adam merupakan salah satu siswa yang akan mengikuti lomba sains Nasional Mata Pelajaran Geografi. Ia berasal dari kelas XI Mipa 7. Kepada auranews, ia mengaku senang dan bahagia bisa lolos dan mengharumkan nama sekolah dan orang tuanya.

“Rasanya senang dan bahagia bisa lolos seleksi olimpiade ke tingkat Provinsi sebab pada tahun sebelumnya gagal. Semoga nantinya ditingkat provinsi bisa mengukir prestasi lagi,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pramata Qalbi Putri Zulaika. Ia merupakan utusan SMAN 1 Bangkinang Kota mata pelajaran Fisika. Ia juga dinyatakan lolos untuk mengikuti lomba sains Nasional Tingkat Provinsi.

Pramata mengaku senang bercampur sedih setelah melihat pengumuman Olimpiade Sains Nasional Tingkat kabupaten yang mana namanya lolos ke tingkat Provinsi.

“Rasanya senang dan sedih, senangnya dinyatakan lulus tapi takut nantinya ketika ditingkat provinsi tidak lulus atau mengecewakan,” katanya.

Namun, ia akan mempersiapkan diri untuk hal tersebut karena dirinya tidak ingin mengecewakan sekolah dan orang tuanya. “Sekarang untuk belajarnya lebih giat lagi, lebih sering latihan-latihan soal bersama guru pembimbing dan belajar bersama kakak-kakak yang sudah berpengalaman ikut olimpiade,” tegasnya.

Berikut nama 15 Siswa dan siswi SMA Negeri 1 Bangkinang Kota yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi beserta mata pelajarannya,

1. Yohandi Gilang Surya Febryan (Astronomi) kelas XI Mipa 7

2. Sonya Amalia L (Astronomi) kelas XI Mipa 7

3. Mutiara Firdha Hidayati (Astronomi) kelas XI Mipa 7

4. Tania Marliani (Informatika) kelas X.3

5. Putri Salsabila (Informatika) kelas X.1

6. Naufal Fadhil wafi (Informatika) kelas XI Mipa 7

7. Arzila Dwinda (Kebumian) kelas X.2

8. Sri Dewi Rahma Jati (Kebumian) kelas XI Mipa 7

9. Keyla Nurul Arafah (Kebumian) kelas XI Mipa 7

10. Fikram Muhammad Resita Adam (Geografi) kelas XI Mipa 7

11. Alfirman Prayoga (Geografi) kelas XI Mipa 7

12. Triani Kemala Muliati (Geografi) kelas XI Mipa 7

13. Meidel Rahma (Fisika) kelas XI Mipa 7

14. Pramata Qalbi Putri Zulaika (Fisika) kelas XI Mipa 7

15. Laura Hasana Balkis (Fisika) kelas X.11

Penulis: Andesmen Putra