<>

BANGKINANGKOTA(Auranews.co.id) – Pengurus Daerah (PD) Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Kampar bagi guru-guru PAUD se-kabupaten Kampar, bertempat di aula DWP Kabupaten Kampar, Kamis (6/10/2022). Sosialisasi ini diikuti oleh 42 orang guru PAUD yang merupakan utusan dari 21 kecamatan se-kabupaten Kampar.

Ketua Himpaudi Kabupaten Kampar Ny. Juli Mastuty Yusri yang diwakili, Wakil Ketua I PD Himpaudi Kabupaten Kampar Hj. Nurasma, BA menyampaikan bahwa sosialisasi kurikulum merdeka ini sangat strategis dalam peningkatan mutu pendidikan PAUD. “Kurikulum ini sudah disusun oleh Pemerintah, dan kita sebagai tenaga pendidik di lembaga PAUD, harus ikut mengimplementasikan kurikulum ini,” ujarnya.

Disampaikan Nurasma bahwa saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan Kurikulum Merdeka ini, baik secara daring dan luring. “Bagi bapak ibu yang pernah mengikuti sosialisasi kurikulum merdeka ini, jadikan pertemuan ini untuk memperdalam ilmu terkait Implementasi Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kampar yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dikpora Hj.Mariani, MPd saat membuka kegiatan sosialisasi ini menyampaikan apresiasi kepada Himpaudi Kabupaten Kampar yang telah menggelar sosialisasi kurikulum merdeka ini. “Sosialisasi ini sangat penting dalam memajukan pendidikan PAUD di Kabupaten Kampar,” ujarnya.

Disampaikan Mariani bahwa peserta yang mengikuti sosialisasi ini diharapkan bisa menjadi leader di kecamatan atau gugus dalam penerapan IKM ini. “Sampaikan juga ilmu yang didapat ini, kepada guru-guru PAUD yang ada di kecamatan-kecamatan,” ujarnya.

Dijelaskan Mariani memang saat ini belum seluruh PAUD di Kabupaten Kampar yang menerapkan IKM dan ada yang sebagian masih menggunakan kurikulum K-13. Saat ini sudah ada 73 PAUD di Kabupaten Kampar yang menerapkan IKM. “Sebenarnya kalau di tingkat PAUD tidak terlalu jauh beda antara K-13 dengan IKM,” ujarnya.

Oleh sebab itu kepada guru-guru PAUD, Mariani berpesan agar tidak terlalu memaksakan pelaksanaan Kurikulum Merdeka. “Jangan sampai tinggalkan anak-anak, karena mengejar IKM,” pesannya.

Pada kegiatan sosialisasi ini, Himpaudi menghadirkan dua orang narasumber yakni Taufiq Wahyudisyah, MPd. dari Dinas Dikpora Kabupaten Kampar dengan materi Kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten terhadap dalam pengelolaan PAUD.

Taufiq menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar sangat konsen peningkatan mutu SDM Tenaga Pendidik PAUD dan meningkatkan meningkatkan kesejahteraan guru.

Narasumber kedua, Dr. Nini Ariyani, M.Pd menyampaikan materi tentang Kurikulum Merdeka. Dr. Nini Aryani merupakan Ketua STKIP Aisyiyah Riau, Instruktur Nasional Kurikulum Merdeka PAUD, Fasilitator Sekolah Penggerak Angkatan I.

Pada kesempatan ini, Dr. Nini Aryani mengupas tuntas tentang Kurikulum Merdeka yang disertai dengan alat peraga. Para guru PAUD dengan tekun mengikuti penyampaian materi yang disampaikan narasumber.***