<>

BENGKALIS(Auranews.co.id) – Puncak peringatan Hari Jadi ke 510 Bengkalis tidak hanya istimewa dalam pelaksanaannya, khususnya pada saat Sidang Paripurna Istimewa DPRD Bengkalis yang berlangsung di ruang Paripurna Dewan, Sabtu (30/07/2022).

Namun yang paling istimewa dalam pelaksanaan peringatan Hari Jadi ke 510 Bengkalis yang diamati Gubernur Riau Syamsuar melalui Staf Ahli Tengku Fauzan Tambusai dalam merayakan terlihat berbeda, khususnya kemesraan Bupati Kasmarni-Wabup Bagus Santoso serta Forkompimda sangat akrab kompak menyatu.

Bahkan saat menyampaikan sambutan dalam sidang paripurna DPRD Tengku Fauzan Tambusai puji keharmonisan pemimpin di Kabupaten Bengkalis.

“Saya melihat, kebersamaan Bupati, Wabup dan forkominda tidak ternilai harganya. Karena saya mengamati di sini keharmonisan dan kekompakan sungguh beda dan luar biasa, sejak pagi tadi (Sabtu) saya mengamati senang sekali,” pujinya Tengku Fauzan yang disambut tepuk tangan meriah oleh tamu undangan.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial, saat memimpin sidang paripurna.

Ia mengatakan, di tempat lain juga merayakan hari jadi daerahnya, tapi di Bengkalis ini beda. Di manapun Bupati berdiri selalu didampingi Wakil Bupati.

“Ini bermakna kompak bersinergi, masyarakatnya senang semoga tercapai tujuan pembangunan yang diharapkan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, sebelum sidang paripurna dilaksanakan, Bupati Bengkalis Kasmarni bersama rombongan tampak kompak menggunakan seragam baju kurung melayu berwarna biru dan dihiasi kain songket.

Sebelum menuju Kantor DPRD Forkopimda dan tamu undangan lainnya, terlebih dahulu sarapan pagi bersama di Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis.

Ada yang unik pada Hari Jadi Bengkalis kali ini, Forkopimda Bengkalis memberikan kejutan kepada Bupati Bengkalis dan Wakil Bupati Bengkalis dengan memberikan kue Ulang Tahun yang bertuliskan Selamat Hari Jadi ke 510 Bengkalis.

Seperti ada ikatan batin pasangan harmonis Kasmarni-Bagus Santoso dikenal dengan singkatan KBS senafas meniup hiasan lilin tulisan 510.

Setelahnya, rombongan pun menuju Kantor DPRD Bengkalis dengan berjalan kaki diiringi tabuhan kompang dan grup pembawa bunga manggar. Nampak dari raut wajah Pemimpin dan warga bahagia menyongsong sinergi membangun negeri Bengkalis.

Sesampainya halaman gedung DPRD, mereka juga disambut tak kalah meriah dibuka dengan silat tari persembahan dan tepuk tepung tawar meriah sebelum memasuki ruang rapat paripurna DPRD.

Dalam rapat tersebut, dihadiri oleh 25 Anggota DPRD Bengkalis, yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial, didampingi Wakil Ketua DPRD Bengkalis Sofyan dan Syaiful Ardi.

Juga hadir anggota DPR RI Dapil Riau I H Syamsurizal, Gubernur Riau diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Tengku Fauzan Tambusai, Anggota DPRD Provinsi Riau H Sunaryo, Perwakilan, Bupati/Walikota se-Provinsi Riau, serta tokoh msyarakat di Kabupaten Bengkalis.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis terlebih dahulu memaparkan kisah sejarah terkait perjuangan pahlawan terdahulu dalam mempertahankan Bengkalis serta sejarah ditetapkannya tanggal 30 Juli sebagai hari jadi Bengkalis sejak tahun 1512.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bengkalis, mengajak seluruh masyarakat Bengkalis untuk menjadikan hari kelahiran Bengkalis ini, sebagai inspirasi dan motivasi sekaligus sinergi, untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan kota ini, dengan karya, inovasi dan prestasi.

“Rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Bengkalis, harus terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan terwujud dalam setiap diri pribadi masyarakat Bengkalis hendaknya. Rasa cinta dan bangga terhadap Bengkalis ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ihklas, kerja cerdas, dan kerja berkualitas, sesuai dengan potensi dan profesi kita masing-masing,” ajak Kasmarni.

Selain itu, Bupati Kasmarni yang bergelar Kanjeng Mas Tumenggung Purbaningtyas dari Keraton Surakarta Solo itu juga berharap, peringatan Hari Jadi ke-510 Bengkalis ini, menjadi titik tolak lahirnya budaya sinergi, yakni bersinergi untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik, yang Insya Allah akan mengantarkan kita ke pulau kehidupan yang bermarwah, maju dan sejahtera.

“Bila kita terus bersinergi, Insya Allah akan mengantarkan kita ke pulau kehidupan yang bermarwah, maju dan sejahtera. Karena sudah saatnya kita membangun Bengkalis ini dengan meninggikan kebersamaan, kecerdasan, kreativitas, dan kerja berkualitas, sehingga pertumbuhan fisik, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan berjalan paralel dengan pelestarian dan keseimbangan sistem kehidupan masyarakat,” ujar Bupati Bengkalis.

Kepada seluruh lapisan masyarakat Kasmarni mengucapkan selamat Hari Jadi ke-510 Bengkalis, dan berharap untuk saling memperkuat sinergi.

“Mari bersama kita wujudkan Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera. Ciptakan kekompakan dan suasana adem. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala, Tuhan Yang Esa, memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita semua,” ungkap Bupati Kasmarni.(***/PR)