<>

ROKANHULU(AuraNEWS) – Yayasan Bening Nusantara (YBN) yang berkantor di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru bahagian dari Social Control, baik di Instansi Pemerintah, TNI-POLRI maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perusahaan Swasta dan Perusahaan Daerah tak luput dari pantauan Yayasan tersebut.

Indra Ramos, SHI dalam kapasitasnya sebagai Ketua YBN, saat dikonfirmasi Selasa (28/6/2022) menyebutkan, “Pantauan pihaknya terkait Perusahaan Daerah seperti Bank Perkreditan Rakyat Rokan Hulu (BPR Rohul) sudah memperoleh laba dan punya potensi maju dan berkembang, telah nyata memberikan kontribusi kepada masyarakat hingga ke desa-desa di wilayah Rohul,” sebutnya.

Sementara kata Ramos, “Kinerja Perusahaan Daerah Rokan Hulu Jaya (Perumda RHJ) yang dinakhodai pak Marjeni, belum kelihatan pencapaiannya, sehingga perlu dipertanyakan kontribusinya ke Pemda maupun ke masyarakat luas,” ujarnya.

Ketua YBN yang akrab dipanggil pak Ramos menuturkan, “Perumda RHJ salah satu Perusahaan Daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang diharapkan masyarakat dapat menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD), sayangnya hingga saat ini belum kelihatan hasil karyanya mendongkrak peningkatan penerimaan daerah Rohul,” imbuhnya.

Tambah Ramos, “Termasuk Bunga Uang Dana Perusahaan Listrik Daerah (PLTD) Rohul sebesar Rp 3,5 Milyar yang dikelola Perumda RHJ perlu dipertanyakan kemana saja dibelanjakan,” rincinya.

Dirut Perumda RHJ Marjeni saat diminta keterangan via WhatsApp-nya memaparkan, pihaknya sebagai Mitra Pemda Rohul setiap tahun menyetor sekira Rp 300-an juta dari hasil Retribusi Parkir dan Sampah. Untuk tahun 2021 kemarin Perumda RHJ memperoleh laba sebesar Rp 23 juta dari usaha lain seperti usaha Batik Rohul yang diharapkan sebagai salah satu hasil karya Andalan Putra Negeri Seribu Suluk,” pungkasnya.(***/Ir)