KAMPAR – Perenang muda berbakat asal Kabupaten Kampar Marsia Lubna Sambudi kembali menorehkan prestasi luar biasa.

Tampil di ajang Riau Open Championship 2021, Marsia Lubna Sambudi berhasil memborong 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu di Kolam Renang Sport Center Rumbai, Pekanbaru, selama dua hari, 27-28 November 2021.

lebih membanggakan lagi, Icha Sambudi kerap disapa keluarga, mampu tampil dahsyat di lima kelas renang berbeda, gaya bebas, kupu-kupu dan dada.

Tampil di kelas gaya bebas 200 meter putri, Icha Sambudi berhasil meraih emas. Kelas gaya bebas 100 meter putri, Icha Sambudi hanya mendapat perak.

Kemudian kelas gaya bebas 50 meter putri, Icha Sambudi kembali merengkuh emas. Kelas gaya kupu-kupu 50 meter putri, Icha Sambudi kembali mendapat emas. Sedangkan kelas gaya dada 50 meter putri, Icha Sambudi mendapat perunggu.

Prestasi yang diraih Icha Sambudi ini patut dibanggakan, pasalnya perlombaan ini diikuti 2000 nomor dan dihadiri atlet dari klub-klub renang yang ada di Riau dan luar Riau.

Seperti Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.

Seabrek prestasi yang diraih perempuan kelahiran Pekanbaru, 9 Maret 2011 ini menjadi aset yang begitu berharga bagi Kampar, tentunya tidak boleh disia-siakan begitu saja.

Keberhasilan Icha Sambudi tentu tak terlepas dari peran penting keluarga. Kedua orang tua Icha, ayah Dedy Sambudi dan ibu Susilawati Syaiful selalu mendampingi saat latihan maupun bertanding.

Ayah Icha, Dedy Sambudi menuturkan, bakat perenang yang saat ini masih menempuh pendidikan di Indonesian Creative School (ICS) Pekany sudah terlihat sejak kecil.

“Bakat Icha sudah terlihat sejak kecil, lalu kita bina dia di klub renang Pekanbaru. Alhamdulillah, ketekunan dan keseriusannya membuahkan hasil. Mudah-mudahan, prestasi Icha ini terus berlanjut ke level yang lebih tinggi lagi,” ucap Dedy yang saat ini menjabat Kalaksa BPBD Kampar, Rabu (01/12/2021).

Diketahui, Riau Open Championship merupakan event yang digelar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Riau untuk membina prestasi para atlet renang yang ada di bumi lancang kuning.

Ajang Riau Open Championship ini memberlakukan sistem promosi dan sistem degradasi. Sehingga bagi atlet Riau yang berprestasi akan diberi pelatihan oleh pelatih yang qualified.(FLS)