KAMPAR – Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Oktavianus M Sinaga, S.Sos M.I.Pol, Danyon 132/BS Letkol Inf M Syafi’i Nasution mengikuti upacara secara virtual HUT TNI ke-76 di Balai Bupati Kampar, di Bangkinang Kota, Kampar, Riau, Selasa (05/10/2021).

Upacara HUT TNI ke-76 ini juga diikuti Forkopimda Kampar, tampak hadir Bupati Kampar yang diwakili Sekda Kampar Drs Yusri, MSi, Ketua DPRD Kampar M Faisal, Kapolres Kampar AKBP Ridho Purba, Kejari Kampar, Ketua PN Bangkinang Riska Widiana, Kalapas Bangkinang, Kakan Kemenag Kampar serta Perwira staf dan Danramil wilayah Kodim 0313/KPR.

Upacara yang dilaksanakan di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta ini dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Wapres Ma’ruf Amin, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Tema peringatan HUT ke-76 TNI pada 2021 ini adalah “Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang”.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan saat ini NKRI masih dalam bayang-bayang pandemi covid-19 yang membutuhkan energi yang besar.

“Menghadapi pandemi ini seperti perang yang berlarut-larut, sangat menguras tenaga, pikiran, mental dan semangat juang. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi dan pemanfaatan ilmu teknologi,” ucap Presiden.

 

Presiden menyebut keberhasilan menghadapi pandemi covid-19 tidak terlepas dari peran TNI.

“TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam memulihkan setiap tugas yang diberikan,” sebut presiden.

Presiden juga meminta kesigapan TNI selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas.

“Seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam laut, radikalisme, teroris, ancaman siber dan biologi serta bencana alam,” katanya lagi.

Presiden juga melakukan interaktif dengan para TNI yang menjaga kedaulatan NKRI di tapal batas.

Kemudian di HUT TNI ke-76 ini, sejumlah alutsista juga ditampilkan kepada presiden. Upacara dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19.(FLS)