PASIRPENGARAIAN(AuraNews.co.id) — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Rokan Hulu mengadakan lomba video pendek dalam rangka Ulang Tahun Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 dengan tema “Protokol Kesehatan dan Tertib Lalu Lintas”. Lomba ini dimulai dari 20 Agustus hingga 20 September 2021 dan penjurian dilaksanakan pada Selasa (21/09/2021) pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB di Ruang Rapat Utama Polres Rokan Hulu.

Kegiatan Lomba Video Pendek Hari Ulang Tahun Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 dibuka oleh Kapolres Rokan Hulu, AKBP. EkoWimpianto Hardjito, S.Ik. Kapolres mengatakan keselamatan berlalu lintas sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya.

“Lakalintas menimbulkan dampak pada kehidupan yang harus dipahami terutama generasi muda dalam pembentukan karakter yang baik dan perlunya penyuluhan untuk keselamatan pengemudi dan penumpang di jalan raya dan menjadi pelopor berlalu lintas,” jelas Wimpianto saat memberi sambutan pada acara lomba video pendek tersebut.

“Lomba video pendek tingkat SMP/SMA sederajat menambah kreatifitas dan pengetahuan sadar akan keselamatan berlalu lintas di jalan raya,” tambahnya.

Sementara Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Rokan Hulu, AKP. Bagus Harry Priyambodo, S.Ik. mengatakan hari ulang tahun lalu lintas biasanya dilakukan secara langsung tetapi karena Covid-19 adanya larangan berkerumun sehingga satlantas mengadakan kegiatan lomba video pendek sebagai bentuk pemahaman tertib lalu lintas dan protokol kesehatan peserta didik SMP/SMA sederajat.

“Peserta Lomba Video Pendek yang mendaftar ada 21 sekolah yaitu; lima SMP dan sebelas SMA/SMK se-Kabupaten Rokan Hulu dengan 30 video yang akan ditayangkan langsung dihadapan peserta dan dinilai oleh juri yang berpengalaman dari Satlantas Rokan Hulu,” ungkap Bagus.

“Dari 30 video ini akan diambil lima besar yang akan diseleksi oleh Kapolres Rokan Hulu untuk dipilih tiga pemenang yang merupakan bonus dari pelopor lalu lintas di antara video yang pasti juga bagus yang dipersiapkan peserta,” pungkasnya.

Hasil dari seleksi tersebut hadir tiga sekolah yang terbaik dan diberi bonus video yang disajikan tersebut yang akan mewakili Rokan Hulu dan dikirim ke POLDA Riau.

Juara 1 dari SMA Negeri 1 Ujungbatu mendapat hadiah uang sebesar dua juta rupiah, tropy dan sertifikat. Juara 2 dari MTsN 3 Rokan Hulu mendapat hadiah uang sebesar 1,5 juta rupiah, tropy, dan sertifikat. Juara 3 dari MAS Tahfiz Islamic Center mendapat hadiah uang sebesar satu juta rupiah, tropy, dan sertifikat.

Pemanfaatan digital dan menjadikan peserta didik kreatif selama pandemi membentuk karakter yang baik sebagai pelopor berlalu lintas dengan tetap menjaga protokol kesehatan.(***)

Kontributor: Suyatri Yatri