SONTANG(AuraNEWS.co.id) — Pemerintah Desa (Pemdes) Sontang bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun Anggaran 2022, di Gedung Aula Serbaguna Syeh Muhammad Kayo, Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (21/09/2021).

Pelaksanaan Musdes RKP-Desa mendasarkan pada Permendes PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa (Musdes) dan Permendes PDTT Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022. Musdes RKP-Desa bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang secara terencana maupun insidentil dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Sontang untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang.

Dalam sambutan dan arahannya, Kades Sontang, Zulfahrianto, SE mengatakan RKP-Desa harus sesuai dengan visi misi Pemerintah Desa yang tertuang dalam RPJMDes. Dia juga berharap dengan terlaksananya Musdes RKP-Desa Tahun 2022 bisa menyerap aspirasi dari masyarakat demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Desa Sontang.

Camat Bonai Darussalam melalui Kasubag Perencanaan dan Keuangan Ahmad Yani, S. Sos dalam arahannya menuturkan akan mendukung sepenuhnya kegiatan dan program yang akan dicanangkan di Desa Sontang.

Tenaga Ahli TPP Kemendes PDTT Abdul Manaf Latif, M.Kom mengatakan bahwa selain APIP, Camat dan BPD, Masyarakat Desa bisa melakukan pengawasan terhadap Pengelolaan Keuangan Desa yang tertuang di Permendagri Nomor 73 Tahun 2020.

“Tujuan pengawasan adalah untuk memastikan bahwa Pengelolaan Keuangan Desa berjalan secara transparan, akuntabel, tertib dan disiplin anggaran, serta partisipatif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” paparnya.

Musdes Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) itu dihadiri Camat Bonai Darussalam diwakili Kasubag Perencanaan dan Keuangan Ahmad Yani, S.Sos, Kepala Desa Sontang, Zulfahrianto, SE, Sekretaris Desa Mulyadi, SE.Sy, Ketua BPD Jasman, Tenaga Ahli TPP Kemendes PDTT Abdul Manaf Latif, M.Kom, Pendamping Desa Roni, Pendamping Lokal Desa Muhasri, Kaur, Kasi, Kadus se-Desa Sontang, Ketua RT/RW, Bidan Desa, Kader Posyandu, Pemuka Adat dan Tokoh Agama, serta Tokoh Pemuda Desa Sontang.

Dari pantauan AuraNews.co.id, Musyawarah Desa Penyusunan RKP-Desa Sontang Tahun 2022 berlangsung dengan aman, tertib dan lancar dengan tetap mematuhi Standar Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.(***/FDr)