PERANAP(auranews.co.id) – Group Rabana Toriqol Huda meriahkan pernikahan Arief Rijal, S. Pd dan Tengku Mariah Qubtiya Rosadi. Kehadiran Rabana Toriqol Huda mampu memukau perhatian masyarakat yang menyaksikan iringan rombongan pengantin laki-laki dari Desa Sengkilo yang diarak oleh keluarganya menuju rumah pengantin perempuan di Desa Koto Medan Kecamatan Kelayang.

Menurut pantauan Pers, (13/09/21) di Desa Koto Medan Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu, kegiatan adat mengantarkan pengantin laki-laki, Arief Rijal, S. Pd ke rumah pengantin perempuan, Tengku Mariah Qubtiya Rosadi berjalan lancar penuh khidmat.

Pada prosesi mengantarkan pengantin laki-laki ke rumah pengantin perempuan, ninik mamak dan seluruh keluarga serta sahabat dan kaum kerabat pengantin laki-laki ikut dalam rombongan. Guna menyemarakkan prosesi pengantaran pengantin laki-laki tersebut, diiringi oleh alunan musik rabana yang dimainkan oleh kaum ibu-ibu uang sudah terlatih.

Pada prosesi arakan Arief Rijal putera pasangan H Muslim dan Hj Khodijah ke rumah isterinya,Tengku Mariah Qubtiya Rosadi puteri pasangan Rohman &Rosnani di Desa Koto Medan Kecamatan Kelayang diiringi dengan alunan musik Rabana Toriqol Huda dari Desa Sengkilo. Rabana Toriqol Huda SD imainkan oleh para ibu-ibu terlatih dari Desa Pulau Sengkilo.

Saat biduan Rabana Toriqol Huda menyanyikan lagu “pengantin baru”, membuat perhatian masyarakat yang menyaksikan rombongan Arief Rijal terkagum-kagum. Suara merdu biduan tersebut menjadi tambah indah dan asyik didengar telinga karena didukung dengan bunyian tepukan dendang para kaum ibu-ibu terlatih dari Desa Pulau Sengkilo (Pulau Duit) Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Setelah pengantin laki-laki bertemu dengan pengantin perempuan yang disambut oleh ninik mamak dari pihak pengantin perempuan di depan rumah pengantin perempuan, maka pasangan pengantin laki-laki dan perempuan tersebut disuruh masuk ke rumah perempuan. Di dalam rumah perempuan, dilaksanakanlah prosesi adat penyerahan pengantin laki-laki kepada pihak keluarga pengantin perempuan. Dalam rumah tersebut, juga dibacakan do’a selamat agar kiranya pasangan Arip Rijal, S. Pd dan Tengku Mariah Qubtiya Rosadi menjadi keluarga Sakinah Mawaddah Warrahmah. Dan anak keturunannya menjadi anak yang sholeh dan sholeha.
Acara resepsi tersebut berjalan lancar dan sukses dari awal hingga akhir.***