SIAK HULU – Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto MH melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi keliling di Kebun Binatang Kasang Kulim, Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Ahad (25/07).

Hadir bersama Bupati Catur, Kapolres Kampar AKBP Muhammad Kholid, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Oktavianus, kepala Dinas Sosial Muhammad, kepala BPBD kabupaten Kampar H Dedy Sambudi,MKes, Sekretaris Dissos Kampar Herry Indra Mulya, Sekretaris BPBD Afruddin Amga,MT, dan Camat Siak Hulu Rahmat Fajri,SSTP.

Selain peninjauan vaksinasi, Bupati Catur juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar yang terdampak pandemi covid-19.

Bupati Catur menyebut vaksinasi Keliling yang digagas BPBD Kampar ini merupakan suatu upaya pemerintah daerah untuk terus menekan penularan virus covid-19.

“Melalui vaksinasi, pemerintah Kabupaten Kampar terus mengupayakan meningkatkan imunitas kekebalan tubuh masyarakat terhadap virus covid-19. Saat ini Kampar persentasenya masih rendah. Bersama TNI, Polri Pemkab Kampar gencar terus melakukan vaksinasi,” ucap Bupati Catur.

Orang nomor satu di Kampar ini mengatakan kegiatan vaksinasi akan memprioritaskan daerah padat penduduk yang rentan wilayah terpapar covid-19.

“Saat ini kita memprioritaskan daerah-daerah yang padat pemukiman termasuk masyarakat Kubang jaya ini, yang wilayahnya berbatasan dengan kota Pekanbaru,” ujar Catur.

Ia juga mengatakan, selain disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan, vaksinasi juga merupakan bentuk ikhtiar menghindari covid-19.

“Vaksinasi salah satu upaya dan ikhtiar kita untuk menghindari covid-19, dan ini cukup efektif. Alhamdulillah animo masyarakat cukup bagus mengikuti vaksin,” sebut.

Tingginya animo masyarakat terhadap upaya vaksinasi berdampak langsung dengan mulai menipisnya persediaan vaksin di Kabupaten Kampar, bersama TNI Polri, Pemkab Kampar terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat

“Rata-rata di daerah stok vaksin memang menipis termasuk di Kabupaten Kampar namun demikian kita bersama jajaran, Polri dan TNI terus berupaya dan saat ini kita memberikan vaksin lebih kurang untuk 100 orang,” terangnya.

“Semoga stok vaksin terus ada di Kabupaten Kampar dan vaksinasi ini terus akan kita lakukan,” pintanya.

Pada kesempatan tersebut Catur membagikan sembako ke rumah masyarakat yang isolasi mandiri (isoman), ia menuturkan akan terus bergerak untuk memberikan bantuan dan obat-obatan.

“Yang melakukan isolasi mandiri akan tetap dipantau dan dimonitor oleh tim satgas kita serta tim yang ada di Puskesmas,” pungkasnya.

“Dengan kita memberikan bantuan dan sekaligus memberikan semangat kepada masyarakat mudah-mudahan mereka cepat pulih, sembuh dan bisa beraktivitas kembali seperti biasa.”imbuhnya lagi.

Sementara Kalaksa BPBD Kampar H Dedy Sambudi menyebut akan terus melakukan vaksinasi hingga tercapai nya target vaksinasi di Kampar.

Akan tetapi, vaksinasi akan dilakukan secara bertahap, hal ini akibat stock vaksin yang terbatas di setiap daerahnya.

“Kita akan selalu melakukan vaksinasi keliling secara maraton. Akan kita jangkau daerah yang jauh dari pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Dedy mengatakan vaksinasi keliling ini merupakan upaya Pemkab Kampar untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh upaya pelayanan vaksinasi covid-19.

“Ini cara kita memudahkan masyarakat dalam melaksanakan vaksinasi. Mudah-mudahan hal ini bisa dan membantu masyarakat sehingga herd immunity atau kekebalan tubuh masyarakat berkelompok akan cepat terealisasi sesuai target pemerintah pusat,” harapnya.(FLS)