KAMPAR – Satu lagi Siswa SMA Negeri 1 Bangkinang Kota bernama Immanuel Nainggolan kelas Xl IPS 2 berhasil menjadi perwakilan Provinsi Riau diajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) melalui cabang olahraga karate yang akan berlangsung secara daring pada bulan September mendatang.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bangkinang Kota Hendra Yunal, MPd menyebut meski dilanda masa pandemi covid-19 tidak menghalangi siswa SMA Negeri 1 Bangkinang Kota untuk mengukir prestasi.

Ada 5 siswa SMA Negeri 1 Bangkinang Kota yang menjadi perwakilan Kabupaten Kampar di tingkat Provinsi Riau. Dua siswa putri cabor silat, satu putri dan dua siswa putra cabor karate.

“Alhamdulillah, siswa kita berhasil menjadi juara pertama di ajang KOSN tingkat provinsi Riau atas nama Immanuel Nainggolan cabor karate,” ucap Hendra Yunal, Jum’at (23/07/2021) siang.

Keberhasilan Immanuel ini disambut langsung oleh Hendra Yunal bersama Waka Bidang Kesiswaan Ade Nofitri Mpd, dan Waka Humas Hj Rosfilawati Farma Mpd di sekolah.

Selain Immanuel, empat teman siswanya juga disambut sekolah yakni Siti Azwani Rahma kelas XII MIPA 3, Rahma Dia Fitri Kelas XII MIPA 3, kemudian Agatha Fundrake S kelas XI MIPA 3 dan Agum Altra Lizha Xll IPS 3.

Namun sayangnya, perjuangan keempat rekan Immanuel hanya sampai ditingkat provinsi. Meski begitu, pencapaian yang mereka toreh sudah cukup membanggakan SMA Negeri 1 Bangkinang Kota.

Immanuel berhasil menjadi Perwakilan Riau dalam KOSN yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Lomba Karate pada 21 sampai 23 Juli ini.

Sebelumnya, bersama empat teman sekolahnya Immanuel terlebih dahulu harus mengikuti seleksi ketat yang bersaing dengan siswa sekolah lain diajang KOSN tingkat kabupaten pada 28-30 Juni 2021.

“Sekolah selalu siap mendukung dan memfasilitasi serta memotivasi siswa yang mempunyai bakat dan minat salah satunya di bidang olahraga,” ujar Hendra.

Pada KOSN Jenjang SMK di tahun ini hanya mempertandingkan dua cabang olahraga yaitu Karate dan Pencak silat, hal ini dikarenakan kondisi Pandemi Covid -19. Bahkan lombanya pun dilaksanakan secara daring atau online.

Bukan kali ini saja siswa SMA Negeri 1 Bangkinang Kota mengukir prestasi. Terakhir pada tahun 2018 lalu atas nama Nurul Fadhilah mampu berprestasi menjadi juara 3 cabor karate tingkat nasional putri tahun 2018 di Medan.

Bahkan di tingkat dunia pun siswa SMA Negeri 1 Bangkinang Kota berhasil menjadi perwakilan Indonesia atas nama Aulia Ramadhan.

Sarat Prestasi

Kegemilangan siswa SMA Negeri 1 Bangkinang Kota ini juga tercermin dari banyaknya para alumninya yang kini menjadi pejabat publik.

Sebut saja nama Kolonel Arm Abdi Wirawan, Letkol Inf Aidil Amin di bidang militer, AKP Berry Juana Putra Kasat Reskrim Polres Kampar, Edwin Pratama Putra legislator, Drs Yusri Sekda Kampar, Yuricho Efril Kadiskomifo Kampar, Afdal Kadis PUPR dan masih banyak lagi.

Demi membantu prestasi Immanuel di tingkat nasional, Hendra Yunal memberikan waktu khusus kepada muridnya tersebut untuk fokus dalam mempersiapkan diri untuk tampil pada bulan September mendatang.

“Saya berpesan kepada Immanuel agar serius untuk berlatih demi bisa mengharumkan nama Riau, khususnya sekolah SMA Negeri 1 Bangkinang Kota yang kita cintai ini,” pungkasnya.

“Jaga diri, jaga pola makan, terutama kesehatan selalu dibarengi nutrisi yang baik. Mudah-mudahan bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional mengikuti prestasi seniornya terdahulu,” tambahnya.

Sementara Immanuel bertekad dan sangat optimis bisa memberikan penampilan yang terbaik dan siap menjadi juara satu diajang KOSN tingkat nasional.

“Mohon dukungannya kepada sekolah, teman-teman dan keluarga untuk bisa menjadi yang terbaik. Target saya juara satu,” sebutnya dengan rasa optimis.

Siswa kelahiran 16 November 2005 yang bercita-cita menjadi seorang tentara ini sudah berlatih karate sejak umur 8 tahun dan sehari-hari berlatih di Dojo Bima Sakti.(FLS)