KAMPAR – Kinerja anggota Komisi V DPR RI dari Parta Keadilan Sejahtera (PKS) H Syahrul Aidi Maazat diapresiasi oleh masyarakat penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Program yang dikenal dengan sebutan bedah rumah ini dinilai sangat bermanfaat bagi warga kurang mampu agar bisa memiliki hunian yang lebih layak.

Apresiasi itu disampaikan saat acara serah terima kunci 35 rumah BSPS oleh Syahrul Aidi kepada warga penerima bantuan program BSPS Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Riau, Jum’at (16/07/2021).

Mewakili para penerima program BSPS, Haidil Hamzah mengaku, bersyukur dan berterima kasih kepada Syahrul Aidi yang membantu mewujudkan impian warga kurang mampu untuk memiliki rumah layak huni.

“Program ini sangat prorakyat dan dampaknya benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat tidak mampu yang sejak dulu pengen renovasi rumah sendiri tapi terkendala biaya,” tuturnya.

Berdasarkan data, Desa Pulau Birandang mendapatkan bantuan BSPS dua tahun berturut-turut sebanyak 20 unit tahun 2020 dan 15 unit tahun 2021.

Total masyarakat Desa Pulau Birandang mendapatkan bantuan 35 rumah unit BSPS.

Ada perbedaan pada anggaran yang diberikan, pada tahun 2020 pemerintah pusat melalui kementerian PUPR memberikan dana sebesar Rp 17,5 juta per unit. Sedangkan tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar Rp 20 juta per unit.

Kades Pulau Birandang Tomas Renaldo juga mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kepada sosok legislator yang acap kali dipanggil Ustadz Kita itu.

Tomas mengatakan, sudah banyak aspirasi yang dibawa dan diperjuangkan Syahrul Aidi kepada masyarakat Kampar, khususnya di Pulau Birandang.

Selain BSPS, Syahrul juga membantu masyarakat Pulau Birandang melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) sepanjang 1,5 km dengan tiga tahap pengerjaan.

Kemudian lanjut Tomas, Syahrul juga memperjuangkan turap tebing disepanjang aliran sungai Kampar yang ada di Desa Pulau Birandang dan peminjaman alat berat excavator untuk lahan pertanian.

“Tentu semua ini berkat perjuangan Ustadz kita Syahrul Aidi Maazat demi meningkatkan kualitas rumah warga yang kurang mampu. Pastinya sangat bermanfaat, apalagi di lapangan program ini juga mendorong semangat gotong royong dan saling bantu untuk membuat rumah yang layak huni,” kata Tomas.

Kades yang baru 17 bulan menjabat ini sangat berharap Desa Pulau Birandang kembali mendapatkan program BSPS.

“Kami berharap Pulau Birandang kembali mendapatkan BSPS. Masih banyak rumah masyarakat yang belum memiliki rumah yang layak,” pungkasnya.

Ia pun menyebut, acara serah terima kunci ini merupakan bentuk apresiasi masyarakat kepada Syahrul Aidi.

“Ini merupakan apresiasi kami kepada ustadz. Bahwa kami sangat bersyukur dan terbantu atas perjuangan beliau. Beliau ini merupakan putra asli Pulau Birandang. Mudah-mudahan, beliau selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan amanah masyarakat untuk selalu bisa berbuat kebaikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengatakan Syahrul Aidi bersama Letkol Aidil Amin yang merupakan putra daerah Pulau Birandang sebagai tempat meminta nasehat.

“Ada dua orang yang selalu menjadi tempat tunjuk ajar saya selama ini, Ustadz Syahrul Aidi Maazat dan Aidil Amin. Dua orang ini yang selalu menjadi panutan saya,” ungkap Tomas lagi.

Ardiansyah Minta Diakui Sebagai Putra Pulau Birandang

Turut hadir dalam acara serah terima kunci rumah BSPS ini anggota DPRD Provinsi Riau dari PKS Ardiansyah.

“Alhamdulillah dua tahun ini banyak aspirasi maupun program yang dibawa ustadz Syahrul Aidi ke Provinsi Riau, khususnya Kampar. Salah satunya BSPS ini,” beber Ardiansyah.

Ardiansyah juga memberikan apresiasi dan pujian kepada Kades Pulau Birandang. Ia menyebut selalu membahas program pembangunan bersama Tomas.

“Saya sudah beberapa kali datang ke Pulau Birandang, bahkan melakukan reses disini. Dan tahun lalu bersama Ustadz Syahrul mengunjungi beberapa rumah penerima BSPS. Mudah-mudahan saya dianggap juga sebagai putra daerah pulau Birandang,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, USA singkatan akrab Ustadz Syahrul Aidi menyatakan, tujuan program ini memang untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal masyarakat agar lebih layak huni.

Selain itu, diharapkan mampu membangkitkan semangat gotong-royong serta keswadayaan masyarakat untuk saling membantu antar sesama.

Tidak hanya untuk Desa Pulau Birandang, program BSPS juga tersebar di seluruh Provinsi Riau. Melalui aspirasi yang diperjuangkan Syahrul, tahun 2021 untuk Kabupaten Kampar ada sebanyak 750 unit BSPS, total di Riau sebanyak 1600 unit.

“Sejak diamanatkan menjadi wakil rakyat, saya berkomitmen dan konsisten untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat ditanah kelahiran saya. Selain program BSPS, kita juga mendorong program pembangunan irigasi desa dan lainnya dapat dialokasikan untuk Kabupaten Kampar,” tegasnya.

Politisi Partai PKS ini memberikan apresiasi kepada banyak pihak yang telah membantu program BSPS dapat berjalan dengan baik.(FLS)