BANGKINANG KOTA – Pengurus Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Bangkinang Kota melaksanakan Pengukuhan Pengurus Ranting PGRI se-Kecamatan Bangkinang Kota masa bhakti 2020-2025.

Kegiatan yang dilaksanakan di GOR SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, Rabu (23/06/2021) ini tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang diwajibkan pemerintah.

Para peserta tampak menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pengukuhan yang bertema “PGRI Siap Membantu Guru Menjadi Profesional, Bermartabat dan Berwibawa” ini dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Ketua PC PGRI Kecamatan Bangkinang Muhammad Hendra Yunal, M,Si.

Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar yang juga Ketua Umum PGRI Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Wakil Ketua PGRI Kabupaten Kampar Suhaimi, M.Pd, Camat Bangkinang Kota Irianto serta pengurus cabang PGRI lainnya.

Ada sebanyak 17 ranting yang dilantik oleh pengurus cabang PGRI Kecamatan Bangkinang Kota.

Antara lain ranting SMA N 1 Bangkinang Kota, Ranting Pompes Mualimin, Ranting SMK N1 Bangkinang, Ranting TK Gugus Angrek, Ranting SMP SMA Islam Terpadu, SD Gugus Mata Hari, ranting TK Gugus Mawar, Ranting SMP SMA Muhammadiah Bangkinang, Ranting taman ilmu SMA N2 Bangkinang Kota, ranting SLBN Bangkinang kota, ranting SMP N 1 Bangkinang Kota, ranting SD Gugus Plamboyan, ranting SD Gugus Angrek, Al Utsaimin, SMP N 2 Baangkinang Kota, TK Gugus Melati, SLBN Bangkinang.

Usai mengambil sumpah 17 pengurus ranting Kecamatan Bangkinang Kota, dalam pidatonya, Hendra Yunal menyampaikan bahwa guru memiliki peran penting dalam kemajuan suatu bangsa.

“Guru memiliki peran yang sangat urgen (penting) yaitu agent of change. Kita tidak hanya mentransfer ilmu saja, akan tetapi juga mendidik siswa kita,” ucap Hendra Yunal usai mengukuhkan Pengurus Ranting Kecamatan Bangkinang Kota, Rabu (23/06/2021).

Pria yang juga merupakan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bangkinang Kota ini mengatakan para guru akan menghadapi berbagai tantangan yang luar biasa.

“Ada tantangan internal maupun eksternal. Internal yakni menghadapi siswa-siswi masing-masing, kemudian kita mesti meningkatkan profesionalisme guru. Sedangkan eksternal, kita mesti melek teknologi, di abad 21 ini perkembangan teknologi informasi sangat cepat berkembang. Ini merupakan tantangan yang luar biasa, untuk itu kita mesti siap menghadapi semua ini,” ucap Yunal.

Terlebih dimasa pandemi ini, menurut Hendra Yunal, guru dituntut untuk lebih maksimal dalam memberikan materi pendidikan yang berkualitas kepada murid.

“Di era globalisasi yang juga dimasa pandemi ini, banyak sekali tantangan yang dihadapi guru. Dimana, pembelajaran mesti dilakukan secara daring. Kedepannya, pembelajaran tatap muka akan dilakukan sebanyak 25 persen saja,” ujarnya.

Terakhir, Hendra Yunal juga mengatakan agar pengurus ranting untuk selalu berkoordinasi dengan PC PGRI Kecamatan dan Kabupaten.

“Mari bersama-sama bekerja dan berkerjasama untuk memajukan organisasi PGRI yang kita cintai ini,” harapnya.

Ditempat yang sama, Camat Bangkinang Kota Irianto selaku pembina PC PGRI Kecamatan Bangkinang Kota mengapresiasi atas pengukuhan PGRI Kecamatan Bangkinang Kota.

“Mari kita tingkatkan mutu pendidikan yang ada di Bangkinang kota. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa melakukan belajar tatap muka seperti biasa,” katanya.

Irianto juga mengingatkan para peserta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Dan berpesan kepada pengurus yang dilantik untuk bisa menjalankan amanahnya, sehingga terwujudnya pendidikan yang berkualitas baik, dapat terus ditingkatkan.

Sementara itu, Wakil Ketua PGRI Kabupaten Kampar Suhaimi, mengapresiasi Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Ranting mengingat Pengurus Ranting merupakan Roh Organisasi Kabupaten sampai tingkat Pusat.

“Ketua Umum PGRI Kabupaten sangat mengapresiasi pengukuhan dan pelantikan ini, mengingat pengurus ranting merupakan roh organisasi Kabupaten sampai tingkat pusat,” ujarnya.

Suhaimi juga berharap, setelah terbentuknya pengurus ranting PGRI Cabang Kecamatan Bangkinang Kota yang baru semua program bisa berjalan dengan maksimal. Utamanya registrasi dan penerbitan kartu tanda anggota (KTA) PGRI Kabupaten Kampar bisa terdata secara baik.(FLS)