PEKANBARU(Auranews.co.id) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi anggotanya. Kali ini tempatnya di Dumai, 25 sampai 26 Juni 2021.

Panitia telah membuka pendaftaran sejak Mei lalu dan akan berakhir 10 Juni 2021. Bagi yang ingin ikut silakan segera mendaftar. Sebab kuota terbatas, hanya tujuh kelas dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang mengimbau seluruh anggota PWI Riau yang ada di 12 kabupaten/kota untuk memanfaatkan kesempatan baik ini. Bagi yang ingin ikut dipersilakan mendaftar ke Sekretariat PWI Riau di Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru. Segera, sebab peserta tidak banyak, hanya tujuh kelas. Sementaras, saat ini sudah terdaftar tiga kelas.

‘’Persyaratannya tidak sulit. Silakan ambil ke Sekretariat PWI. Siapa pun boleh ikut, asal anggota PWI Riau,’’ ujar Zulmansyah.

Zum, panggilan Zulmansyah, menjelaskan, PWI Riau memberikan penghargaan khusus kepada calon anggota PWI Riau yang mengikuti seleksi pada 28 dan 29 Mei 2021. Sebanyak 13 peserta terbaik langsung diberi kesempatan mengikuti UKW Angkatan XVII di Dumai nanti secara gratis.

”Kami menghargai calon anggota yang mendapatkan nilai tinggi. Ada 13 orang wartawan dengan nilai tertinggi yang boleh langsung ikut UKW gratis. Silakan lengkapi berkasnya,” pesan Zum.

Ia juga menambahkan, bahwa terjadi pergeseran jadwal pelaksanaan UKW. Sebelumnya dijadwalkan 18 dan 19 Juni, bergeser ke 25 dan 26, karena pada tanggal itu ada agenda lain di tempat yang sama.

Saat ini baru sekitar separuh dari 1.000 lebih anggota PWI Riau yang sudah mengikuti uji kompetensi. Inilah yang menjadi tanggung jawab pengurus agar seluruh anggota bisa memegang kartu kompetensi.

Tahun ini, PWI Riau menargetkan menggelar beberapa kali UKW lagi. Sehingga sampai akhir tahun, sebagian besar anggota sudah mengantongi kartu UKW yang dikeluarkan Dewan Pers.

‘’Perlu diketahui, bahwa UKW ini sudah menjadi kewajiban bagi wartawan, terutama bagi kami di PWI. Makanya ini menjadi program prioritas pengurus,’’ ujarnya.

Zum bersyukur, karena upaya meng-UKW-kan seluruh anggota mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Seperti diketahui, bahwa UKW tiga angkatan, yakni XV, XVI, dan XVII seluruhnya disponsori oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKKMigas) Sumatera Bagian Utara bersama KKKS.

‘’Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung program UKW PWI Riau. Terutama SKKMigas bersama PT Chevron Pasific Indonesia yang terus mendukung penuh UKW Angkatan XVII ini,’’ ujarnya.(Redaksi)