ROKANHULU(AuraNEWS.co.id) — Dalam suasana liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Polres Rohul turun langsung menghimbau untuk mencegah kerumunan agar tidak menimbulkan penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid -19), Minggu (16/5/2021).

Wakapolres Rokan Hulu, Kompol Adi Prabowo, SH, SIK, MH, memimpin road show pemantauan untuk memastikan seluruh titik-titik objek wisata di Negeri Seribu Suluk  di tutup untuk sementara.

Dalam road show pemantauan Objek Wisata, turut Wakapolres Kompol Adi Prabowo, SH, SIK, MH, didampingi Kabag Ops Kompol Jhon Firdaus, AMK, Kasat Binmas AKP Hermawan, Kasat Narkoba, AKP Masjang Effendi, Personil Polri, Satpol PP dan lainnya.

Kegiatan tersebut di mulai di objek wisata Kahati Desa Koto Tinggi, sekitar pukul 10.20 Wib, terlihat Waka Polres Rohul setelah di lokasi, kondisi objek wisata sudah di tutup. Namun dirinya menyampaikan kepada pengelola ucapan terimakasih karena sudah mendukung kebijakan pemerintah dengan tidak membuka objek wisata ini.

“Terimakasih ya, sudah menutupnya, nanti kalau sudah ada perubahan kebijakan, mungkin baru bisa buka, saat ini kita zona merah Covid-19, mungkin nanti setelah Zona Hijau baru bisa dibuka kembali,” kata Kompol Adi.

Setelah memastikan objek Wisata Kahati di tutup, kemudian rombongan melanjutkan ke Objek Wisata Bendungan Cibogas Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, namun tepat di Depan Gapura, Waka Polres langsung disambut Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay bersama Kapolsek Rambah IPTU P Simatupang.

Ketika itu, Waka berpesan kepada Kades Sialang Jaya maupun Personil Polri  dan Satpol PP yang stan by berjaga di gerbang tersebut supaya menghentikan pengunjung yang hendak datang ke Objek Wisata ini.

Pada kesempatan tersebut, diterangkan, Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay, kalau Cibogas itu milik Masyarakat Desa Sialang Jaya dan Rambah Tengah Barat (RTB) dirinya berterimakasih kepada Wakapolres yang telah datang ke wisata tersebut.

“Namun intinya kami pihak desa sudah melakukan himbauan  dan sudah kita tutup sesuai kebijakan pemerintah,” tuturnya dihadapan Wakapolres.

Setelah itu, di damping Kades Sialang Jaya, Kompol Adi Prabowo, SH, SIK, MH, langsung ke Bendungan Cibogas men-chek kondisi lapangan untuk memastikan situasi di objek wisata itu benar-benar kosong.

Barulah kemudian, rombongan melanjutkan road show pemantauan berikutnya yakni ke Objek Wisata Hapanasan Desa Rambah Tengah Hulu (RTH), tampak juga di titik itu tak ada sama sekali pengunjung dan benar-benar tutup.

Setelah berhenti sejenak, kemudian mendapatkan masukan dari Kasat Binmas AKP Hermawan agar road show pemantauan dilanjutkan ke Objek Wisata Bendungan Desa Menaming, karena tempat masih baru mulai ramai dikunjungi, kemungkinan akan berpotensi didatangi warga.

Ternyata di Desa Menaming, objek Wisata Bendungan ini juga tidak ada pengunjung, karena pihak Pemerintah Desa sudah menutupnya, sesuai ketentuan pemerintah agar tidak terjadi kerumunan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Terakhir, rombongan tersebut melakukan pemantauan titik tempat Wisata Religi yang dinilai berpotensi menimbulkan kerumunan  yakni Masjid Agung Islamic Center Rohul,

Pemantauan Objek Wisata di pasca Liburan Idul Fitri 1442 H, di tengah  Pandemi Covid-19, berakhir pukul 12.30 Wib, berjalan dengan aman, kondusif dan terkendali dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Kemudian kepada wartawan, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, SIK, MH melalui Waka Kompol Adi Prabowo, SH, SIK, MH,
menyampaikan, kalau Polres Rohul bersama Satpol PP, pihak Pemerintah Desa melakukan pemantauan Objek wisata, karena ini masih suasana liburan Hari Raya Lebaran Idul Fitri, jadi tempat wisata itu berpotensi menimbulkan kerumunan, sehingga menimbulkan penyebaran Covid-19.

“Maka kita saat ini masih kondisi Zona Merah, setaeah kita chek 5 titik, memang benar kondisinya sudah kosong, karena adanya kebijakan pemerintah untuk menutup Objek Wisata untuk menghindari virus berbahaya tersebut,” pungkasnya.(***/Alfian Tob)