Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH bersama Forkopimda didampingi Kadiskes Kampar H. Dedy Sambudi meninjau proses vaksinasi covid-19 terhadap petugas pelayan publik, Kamis (01/04/2021) di Balai Bupati Kampar.

KAMPAR -(auranews.co.id)- Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar melakukan vaksinasi terhadap petugas pelayan publik atau aparatur negeri sipil (ASN).

Vaksinasi ini dilakukan di Balai Bupati Kampar, Kamis (01/04/2021). Acara yang dihadiri dan dibuka Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH serta Forkopimda ini juga diikuti oleh para jemaah calon haji.

“Vaksinasi ini memang bukan obat. Tapi dengan vaksinasi diharapkan memperkuat daya tahan tubuh kita dari serangan virus covid-19,” kata Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH.

Catur mengatakan, dengan vaksinasi masyarakat Kabupaten Kampar akan mendapatkan imunitas kekebalan tubuh.

“Kesehatan dan keselamatan masyarakat sangat utama, ini merupakan tanggung jawab pemerintah. Apalagi bagi yang ada penyakit bawaan lebih beresiko terpapar covid-19 maka dari itu vaksinasi ini sangat penting,” tuturnya.

Bupati Catur juga menyampaikan, salah satu syarat dalam menjalankan ibadah haji adalah mendapatkan sertifikat vaksinasi.

“Salah satu syarat mengikuti ibadah haji harus memiliki sertifikat vaksinasi. Mudah-mudahan nanti vaksinasinya berjalan lancar dan jemaah haji sudah memiliki sertifikat vaksinasi. Sehingga bisa menjalankan ibadah hajinya,” ungkap kepala daerah yang bergelar Datuk Rajo Batuah ini.

Pria yang memiliki paras senyum manis ini juga selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu patuh dan taat dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Lindungi diri kita, keluarga dan orang lain dengan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan,” pesannya.

986 JCH Jalani Vaksinasi Covid-19

Tampak beberapa pejabat eselon II Kampar hadir dalam proses vaksinasi covid-19 ini, antara lain Azwan, Amin Filda, Arizon, Febrinaldi, Zulia Dharma, Nurbit, Cokroaminoto, Ahmad Yuzar dan lainnya.

“Ada 600 pelayan publik yang terdiri dari pejabat eselon II, III dan IV. Mereka semua divaksin covid-19 buatan Sinovac China,” terang Kadiskes Kampar H. Dedy Sambudi, S.Kep, S.KM, M.Kes.

Sedangkan jemaah calon haji di Kampar Dedy mengatakan ada 986 orang yang akan divaksinasi.

“Untuk hari ini kita memvaksinasi sebanyak 140 JCH. Sementara lebihnya akan kita dilakukan vaksinasi di puskesmas yang ada di Kampar,” ujarnya.

Dilanjutkan Dedy, Pemkab Kampar melalui Dinkes telah melakukan vaksinasi terhadap TNI, Polri, tenaga kesehatan, tokoh agama, tenaga pendidik dan pelayan publik.

“Hanya ada dua persen tenaga kesehatan yang tidak bisa divaksin. Masyarakat tidak perlu takut terhadap efektivitas vaksin yang gunakan. Insyaallah vaksin yang kita gunakan yang terbaik,” pungkasnya.

Dedy menargetkan sebanyak 700 ribu jiwa penduduk masyarakat Kampar akan selesai menjalani vaksinasi covid-19 pada Desember 2021.

“Dengan vaksinasi kita bisa meminimalisir terjadinya penularan virus covid-19. Vaksinasi akan kita lakukan sampai bulan Desember terhadap 700 ribu jiwa penduduk Kabupaten Kampar,” ucapnya.(FLS)