ROKANHULU(AuraNEWS.co.id) – Kapolres Rokan Hulu (Rohul), AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, S.IK., M.H, angkat bicara terkait maraknya kasus cabul dan pelecehan seksual yang belakangan ini sering terjadi di wilayah hukum Polres Rohul.

Menurutnya, kasus tersebut Harus segera diberantas di Negeri Seribu Suluk ini, dan pihaknya akan menggandeng instansi juga organisasi untuk melakukan edukasi kepada masyarakat khususnya Kaum Rentan,” ujar Kapolres kepada Wartawan, Selasa (02/03/2021) sore.

Kapolres menegaskan, semua pihak harus bergerak bersama saling bahu membahu bagaimana caranya memberikan edukasi kepada warga masyarakat,” jelasnya.

AKBP Taufiq LN Sosok Pemimpin yang rajin melaksanakan Safari Sholat Shubuh Berjamaah dari Masjid ke Masjid menerangkan, terkait kasus pelecehan yang disertai kekerasan yang kerap terjadi terhadap anak-anak, karena faktor kurangnya iman dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

“Kurangnya iman, padahal iman yang paling penting dan kemudian faktor edukasi pihak yang ada di sekitar korban,” ungkapnya.

Untuk itu, perlu adanya pengawasan terhadap keluarga kemudian lingkungan dan masyarakat sekitarnya baik dilingkungan bermain maupun lingkungan sekolah dan tokoh Agama serta tokoh masyarakat, harus ikut melakukan edukasi.

Menurutnya banyak korban yang masih takut untuk melaporkan apa yang sudah terjadi atau apa yang telah dialaminya, karena kerap diancam oleh pelaku

Kapolres menegaskan
kepada para korban pencabulan ataupun kekerasan seksual untuk tidak takut melaporkan apa yang dialami.

Taufiq juga meminta kepada masyarakat baik orangtua maupun awak media agar tidak menutup mata terhadap masalah kasus-kasus tersebut.

“Saya minta kepada¬† semua Pihak, untuk peka terhadap kasus ini, misalnya, apabila merasa ada yang janggal terhadap anak-anak kita, tetangga kita, teman maupun sahabat kita. Segera ajak bicara, jika tidak bisa, maka laporkan kepada pihak yang berwenang supaya cepat ditangani”, tegasnya.

Kami dari Polres Rohul dan jajaran Polsek senantiasa tetap memberikan edukasi dan penyuluhan terhadap masyarakat terkait dengan kasus ini agar para orang tua senantiasa memberikan pengawasan kepada anak serta terhadap lingkungan pergaulan anak,” tambahnya.

“Himbauan ini juga sering disampaikan pada saat giat shubuh keliling baik dari Polres maupun dari Polsek jajaran,” pungkasnya.(***/Alfian Top)