PEKANBARU(Auranews.co.id) – Human Initiative (HI) Riau launching Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Fuel Terminal Sei Siak di balai kelurahan Tanjung Rhu, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru. Rabu (10/02/2021).

Program tersebut diperuntukkan pada warga Kelurahan Tanjung Rhu dan Kelurahan Limbungan yang berdekatan atau Ring 1 PT Pertamina Fuel Terminal Sei Siak.

Dimana wujud kepedulian ini dalam bentuk Program Pemberdayaan Ekonomi masyarakat dengan capaian _Sustainable Development Goals (SDGs)_, guna meminimalisir kesenjangan warga dan melindungi lingkungan sekitar Kelurahan Tanjung Rhu dan Limbungan.

Program pemberdayaan yaitu. Budidaya Bebek Petelur, Budidaya dan pengolahan Lele, Bekam dan Akupresur, serta program yang mendukung kelestarian lingkungan yaitu Program Penghijauan dan Penanaman Tanaman Langka.

Launching yang dihadiri oleh, Wakil Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi S,Si, Operation Head PT. Pertamina Fuel Terminal Sei Siak, Ahmed Syarif, Kepala Cabang Human Initiative Riau, Nofri Satriawati, Sekretaris Camat Lima Puluh, Sekretaris Camat Rumbai Timur, Polsek Lima Puluh, Koramil Kecamatan Limapuluh, Babinsa Limbungan, Babinsa Tj Rhu, Lurah Limbungan, Lurah Tanjung Rhu, Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Limbungan, LPM Limbungan dan Tj Rhu, LKM Limbungan, RT dan RW setempat serta warga selaku penerima manfaat yang berasal dari Limbungan dan Tj Rhu.

Operation Head (OH) PT. Pertamina Fuel Terminal Sei Siak, Ahmed Syarif dalam kesempatan ini mengungkapkan harapannya agar program CSR ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Sebagai bentuk bagian dari tanggung jawab Pertamina kepada lingkungannya, maka PT. Pertamina Fuel Terminal Sei Siak memberikan bantuan berupa pemberdayaan ekonomi masyarakat”. Terangnya

Ayat Cahyadi berterima kasih kepada PT. Pertamina Fuel Terminal Sei Siak bersama Human Initiative Riau yang telah menunjukkan kepedulian kepada masyarakat Tj Rhu dan Limbungan. Dan ia berharap program ini akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih kepada PT Pertamina dan pihak yang terkait atas kontribusi-nya melalui program CSR yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu, dan tentunya kita sebagai masyarakat menerima dengan bijak dan mencintai program ini selama proses pemberdayaan dan pembinaan kedepannya”.

“Kalau sudah mencintai, tentunya setiap yang kita lakukan akan terasa ringan dan merasa lebih bermanfaat”, Jelas Ayat Cahyadi saat memberikan kata sambutan sekaligus me-launching program PT Pertamina Sei Siak

Kepala Cabang Human Initiatif mengungkapkan, “Sebelum kami lounching program, kami telah melalui berbagai macam mekanisme dalam menentukan orang yang betul-betul pantas untuk menjalankan program ini atau Penerima Manfaat (PM). Seperti assessment, lihat potensi daerah, proses wawancara dan lain sebagainya”.

“Dalam proses tersebut, kami juga melibatkan Lurah, RW dan RT setempat untuk bisa merekomendasikan warga-warga yang membutuhkan program ini. Jadi bukan HI atau Pertamina saja yang menentukan calon penerima manfaat. Semua lembaga yang ada di kelurahan program CSR Pertamina kami libatkan”. Tegas Nofri selaku Kepala Cabang Human Initiative Riau

Wakil Wali Kota menambahkan, “apa yang dilakukan oleh PT. Pertamina Fuel Terminal Sei Siak ini sangat membantu program pemerintah dalam mewujudkan pembangunan untuk mewujudkan Pekanbaru menjadi Kota Smart City yang Madani dengan masyarakat yang mampu dan Sejahtera”.***