RSUD Bangkinang

KAMPAR -(auranews.co.id)- Mantan Ketua DPRD Kampar dua periode Ahmad Fikri, S.Ag menyebut, pelayanan RSUD Bangkinang sangat baik.

Bukan tanpa alasan, pria yang kerap disapa Ongah Fikri ini mengatakan hal demikian.  Ongah merasakan langsung pelayanan kesehatan di RSUD Bangkinang.

Baru-baru ini, Ia melakukan operasi kecil di bagian kakinya yang mengalami pembengkakan.

“Ongah merasakan sendiri pelayanan kesehatan yang ada di RSUD Bangkinang. Semuanya berjalan baik, mulai dari datang sampai diperbolehkan pulang,” cerita Ongah Fikri, Jum’at (06/02/2021).

Menurut Ongah, para petugas pelayanan di RSUD Bangkinang sangat baik, ruangan bersih dan terasa nyaman.

“Terus terang Ongah kagum dengan pelayanan di RSUD Bangkinang luar biasa, kemudian di masing-masing bidang melaksanakan tugas pelayanannya yang sangat baik, dan juga ruangannya bersih serta teknologi informasi mulai modern,” terangnya.

Ongah menilai, selama tiga hari merasakan pengobatan di RSUD Bangkinang, di masa kepemimpinan Direktur RSUD Bangkinang dr. Asmara Fitra Abadi, sumber daya manusia (SDM) yang ada di RSUD mengalami peningkatan dalam pelayanan.

Ini salah satu ruang rawat inap RSUD Bangkinang yang dinilai memiliki standar terbaik.

“Kita apresiasi kinerja dokter ifi (sapaan akrabnya) dimasa ia, RSUD Bangkinang sudah berbenah menjadi lebih baik. Berbeda dengan zaman sebelumnya,” sebut Ongah.

Untuk itu, Ongah mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar untuk mendukung penuh sarana dan prasarana fasilitas kesehatan yang belum ada di RSUD Bangkinang.

“Sesuai dengan tagline HUT Kampar tahun ini ‘Basamo Mambolo Naghoi’ yang harus dibolo itu ya salah satunya bidang kesehatan, seperti RSUD ini. Mungkin masih ada sarana dan prasarana yang belum lengkap, ya yang lebih tau kondisinya kan direktur. Perlu ada penambahan anggaranlah,” ujarnya.

Ongah pun mengajak seluruh masyarakat, termasuk para pejabat Kampar untuk berobat di fasilitas kesehatan RSUD Bangkinang.

“Insyaallah, pelayanan di RSUD Bangkinang sudah baik dan bagus. Kita ajak masyarakat mempercayakan kesehatan di RSUD Bangkinang,” ajaknya.

Ditempat terpisah, Direktur RSUD Bangkinang dokter Asmara Fitrah Abadi menyebutkan, RSUD Bangkinang kini tengah fokus menaikkan klasifikasi status RSUD yang masih tipe C.

“Saat ini kita fokus menaikkan status RSUD Bangkinang. Sekarang masih berstatus tipe C. Salah satu faktor menaikkan status ini, bertambahnya sarana dan prasarana, ruang rawat inap, labor dan lainnya,” ungkap Ifie sapaan akrabnya, Sabtu (06/02/2021).

Ifie menyampaikan, kinerja yang dilakukannya ini semata-mata demi masyarakat. Sebab, RSUD Bangkinang banyak melayani masyarakat kalangan kelas menengah ke bawah.

“Yang penting kita berbuat, berbuat yang terbaik kepada masyarakat. Kalau kebutuhan fasilitas, masih banyak yang perlu kita tingkatkan, salah satunya operasional dalam pelayanan,” ungkapnya.

Dalam meningkatkan status RSUD Bangkinang ke tipe B, Ifie menyatakan bahwa RSUD Bangkinang butuh penambahan ruang rawat inap.

“Kita baru memiliki ruang rawat inap sekitar 134, untuk menaikkan status ke tipe B kita harus memiliki 200 lebih ruang rawat inap,” pungkasnya.

RSUD Bangkinang memiliki beragam ruang perawatan, dimulai dari kelas 1, kelas 2, kelas 3. Kemudian ada ruang ICU, HCU, PICU dan NICU.

Selain itu, ada ruang perawatan khusus, Ibnu Abbas dan VK inap. Selanjutnya, ada ruang isolasi Umar bin Khattab, Ibnu Abbas, Khadijah. Terakhir, ada ruang super VIP.(***)