BANGKINANGKOTA(Auranews.co.id) – Adanya pandemi covid-19 tidak menurunkan semangat masyarakat dan kaum pelajar untuk tetap produktif meski semua kegiatan harus dilakukan di rumah.

Seperti yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dengan menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat mahasiswa PTN atau PTS untuk D3/D4/S1, Lomba Olimpiade tingkat SLTA sederajat kelas 11 dan 12 se-Indonesia, dan Lomba Alat Peraga tingkat SLTA sederajat kelas 11 dan 12 se-Indonesia.

Tahapan perlombaan tingkat Nasional ini akan dimulai pada tanggal 1 Februari 2021, dan pemenang akan diumumkan pada tanggal 24 Februari 2021.

Poster Lomba tingkat Nasional Hima Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat mahasiswa se-Indonesia ini mengangkat tema “Ide Generasi Milenial Diera New Normal dalam Mewujudkan Pembelajaran Matematika yang Berkualitas”.

Sedangkan Lomba Olimpiade tingkat SLTA sederajat mengangkat tema “Jelajahi Kecerdasan Generasi Emas Hingga jadi Ahli Matematika yang Berkualitas”.

Kemudian Perlombaan Alat Peraga tingkat SLTA sederajat mengangkat tema “Jelajahi Kecerdasan Generasi Emas Jadi Ahli Matematika yang Berkualitas”.

Ketua Pelaksana, M.Dino Parlaungan menyampaikan Perlombaan Nasional tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Lomba tahun ini dilakukan secara virtual, mengingat situasi kondisi wabah Covid-19. Walaupun demikian, ini tidak menyurutkan semangat kami pengurus HIMA Pendidikan Matematika UPTT untuk menyelenggarakan kegiatan ini sebagai upaya untuk mendorong produktivitas melalui kegiatan yang inovatif, kreatif, menyumbang ide dan pikiran bagi kaum pelajar dan mahasiswa,” Terangnya kepada Auranews.co.id, Sabtu (6/2/2021).

Kemudian Dino menerangkan tata cara pendaftaran lomba tingkat nasional untuk mahasiswa dan SLTA sederajat se-Indonesia tersebut.

“Lomba ini kami gelar secara online, peserta dapat mendaftarkan dirinya ke Link Pendaftaran yang telah disediakan, sedangkan untuk lomba karya ilmiah langsung mengirimkan karyanya ke email Ikti2himatthero@gmail.com, kemudian untuk lomba olimpiade hanya melakukan konfirmasi ke Kontak panitia yang telah disediakan, dan untuk lomba alat peraga tersebut langsung dikirim ke email himattherolapg@gmail.com dan diposting di instagram peserta dengan ngetag @himathhero menggunakan #universitaspahlawan, #himathhero, dan #himatholympicIII,” Ujar Dino.

Pria Alumni SMAN 1 Salo ini berharap kegiatan ini mampu memberikan ide, pemikiran, dan kreativitas nyata kaum pelajar dan mahasiswa terhadap bangsa dan masyarakat.

Dikatakan Dino, pihaknya mengajak untuk pelajar kelas XI dan XII MA/SMA/SMK se-Indonesia dan mahasiswa se-Indonesia untuk berpartisipasi dalam perlombaan Tingkat Nasional tersebut.

Bagi yang berhasil lolos dan menang, maka akan diberi penghargaan. Pemenang Lomba tingkat Nasional 2021 ini akan mendapatkan seritifikat, uang pembinaan, dan medali.

Ditambahkan Dino, peserta yang ingin mendaftarkan dirinya diharapkan melihat dan membaca poster yang telah dibagikan panitia penyelenggara.

Berikut link pendaftaran lomba tersebut :

1. Lomba Karya Tulis lmiah Nasional.

https://docs.google.com/forms/u/4/d/1K3p3H4L4Km5LNOOEeV_cve-ne6CBObSnvGLL2YblHjc/edit?chromeless=1

Baca Buku Panduan Karya Ilmiah

https://drive.google.com/file/d/1TAA610K0vsVg9TDPU4xKr0GaO7o_glUM/view

2. Lomba Olimpiade tingkat SLTA sederajat.

https://docs.google.com/forms/u/4/d/1AM7XKtBOaqFJorpfknhceFzOkOGYHGwFEaVI1H4F-lc/edit?usp=drive_web

Baca Buku Panduan Olimpiade

https://drive.google.com/file/d/1taHtOj5pwd-PzhqCj8PsJjPNJmiaJxcB/view

3. Lomba Alat Peraga Nasional.

https://docs.google.com/forms/u/4/d/1-TAye__9-WfIzYg77XZAmZ1_SOSs8GbN8XO-UdQb5U0/edit

Baca Buku Panduan Alat Peraga

https://drive.google.com/file/d/1vnNgx00xfwgFavVz-6FplJYZ-D0hg1ht/view(Rio)