ROKANHULU(Auranews.co.id) – Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu yang terletak di Jalan Komplek Perkantoran Pemda Rokan Hulu, Kota Pasir Pangaraian, merupakan salah satu destinasi wisata religi favorit di Provinsi Riau sangat perlu dibenahi dan diramaikan kembali.

Hal itu diungkapkan Hafitf Syukri, bakal calon Bupati Rohul nomor urut 3, Jum’at (4/12/2020).

Jika dulu Masjid Agung Islamic Center (MAIC) yang dibangun massa pemerintahan Bupati Kabupaten Rokan Hulu, Drs. H. Achmad M.Si tahun 2008 ini ramai dengan berbagai kegiatan namun kini memudar.

“Insya Allah, terpilih nanti, kita akan benahi dan ramaikan kembali serta kita jadikan pusat pengembangan UMKM,” ujarnya.

Awak media juga sempat mengunjungi dan menikmati suasana keindahan Islamic Center kebanggaan Masyarakat Kabupaten dengan julukan Seribu suluk ini, namun terlihat tidak terpelihara, plafon luar kiri kanan masjid nampak sudah banyak yang berlubang.

Bahkan, tembok menara sudah banyak yang retak, begitu juga dengan ornamen lainnya, sehingga menjadi sarang burung dan lebah. Begitu juga dengan pelataran Masjid, terutama pada bagian samping Masjid sudah tumbuh semak tinggi. Beberapa tempat kegiatan nampak sudah ditutup.

Air mancur yang berada di halaman Masjid sudah tidak berfungsi lagi. Ornamen, interior dan hiasan terkesan kurang perawatan. (Syailan Yusuf/Andra Putra)