KAMPAR(auranews.co.id) – Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri, mewakili Bupati Kampar menyampaikan, anak-anak sebagai generasi penerus harus dipersiapkan dan harus siap menjadi estafet kedepan.

Hal itu disampaikan Yusri saat membuka secara resmi grand final pemilihan Duta Anak Kampar yang diadakan di Balai Bupati Kampar, Jum’at (20/11/2020) malam.

Sebagai generasi penerus tentunya harus peka terhadap lingkungan dan mampu menyaring semua yang terjadi, pemerintah hanya pendorong, katanya.

“Mudah-mudahan di kegiatan pemilihan Duta Anak Kampar ini terpilih duta-duta yang terbaik untuk mewakili kabupaten kampar ke tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional, sehingga menjadi cikal bakal generasi muda Kabupaten Kampar lebih baik,” ujarnya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pencerahan baru bagi generasi muda, bahwa hidup itu ada tahapan dan ada proses alam serta perjuangan, karena tidak ada hidup yang instan. Generasi muda harus terus belajar, berjuang untuk menjadi yang terbaik.

Ajang pemilihan Duta Anak Kampar l, lanjut Yusri, merupakan bagian pembentukan pemuda-pemudi berkarakter, beradat, berbudaya, santun dan mengerti akan hal-hal yang dibolehkan dan hal-hal yang tidak dibolehkan.

“Duta Anak Kampar yang terpilih nanti diharapkan menjadi contoh bagi generasi muda di Kampar dan bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah dan masyarakat,” harap Yusri.

Ketua Forum Anak Kabupaten Kampar Adetya Pratayudha Wibowo menyampaikan, forum Duta Anak menjembatani anak dengan pemerintah. “Saat ini sudah 17 Kecamatan terbentuk dan dalam waktu dekat terbentuk di semua Kecamatan di Kampar,” ujarnya.

Disampaikan, ajang pemilihan Duta Anak Kampar ini pertama diadakan, dimulai pada bulan Juli 2020 lalu. Agar Forum Anak bisa maju dan berkembang serta memberikan kontribusi positif, peran dan dukungan sangat diharapkan, tuturnya

Sementara, Kepala Dinas DPPKBP3A Kabupaten Kampar Edi Afrizal melalui Kabid Perlindungan Anak Satiti Rahayu SKM, MKM dan Kasi Perlindungan Perempuan dan Anak DPPKBP3A Kabupaten Kampar Lindawati, SKM, kepada wartawan menyampaikan rasa syukur dan bangga atas prestasi anak anak dari forum anak Kabupaten Kampar di tingkat Nasional.

“Mereka berhasil membawa harum Forum Anak Kampar dan Kabupaten Kampar sekaligus Provinsi Riau ke kancah nasional serta internasional,” ujarnya.

Untuk diketahui, kata Linda, dua anak Kampar yakni, Adetya Pratayudha Wibowo dan Muhammad Ridho Alifa terpilih menjadi Duta Anak Nusantara bersama 8 Duta Anak Nusantara lainnya, mengikuti kegiatan Kongres Anak Internasional tingkat Asia Tenggara (Asean) dalam rangka perkenalan suara Anak Indonesia ke Asia Tenggara.

Keduanya adalah siswa kelas II SMA Negeri I Bangkinang Kota, terpilih sebagai Duta Anak Nusantara, pada Kongres Anak Nasional ke-16, di Deli Serdang, Sumatera Utara, pada 16-19 Desember 2019.

“Semoga, melalui forum anak, kita bisa menaikkan Kabupaten Kampar menjadi Kabupaten yang layak anak dan membanggakan dan membawa nama Forum Anak Kampar mendunia,” pungkasnya. (Syailan Yusuf)