BAGANSIAPIAPI(auranews.co.id) – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfotik) menggelar pembentukan sosialisasi kelompok informasi masyarakat (KIM).

Kegiatan itu dibuka oleh Kadiskominfotik Rohil, Hermanto S.Sos di salah satu hotel di Bagansiapiapi.

Hermanto mengatakan kalau kegiatan KIM ini sebelumnya diprogramkan dibagian insfraruktur Setdakab Rohil, dan saat ini dialihkan kediskominfotik. Kegiatan ini merupakan upaya pemberdayaan KIM sebagai mitra diseminasi informasi publik Pemkab Rohil.

Dikatakan pria yang akrab disapa ulung Uban itu, KIM merupakan program dari kementrian komunikasi dan informatika yang diimplementasikan oleh seluruh instansi pemerintahan yang ada di Indonesia. KIM ini dijalankan untuk mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi.

Selain dari pada itu katanya lagi, juga dalam rangka menciptakan jaringan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya agar bisa saling memberdayakan, salah satunya dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi.

Dilanjutkan Hermanto, tujuan KIM adalah sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi dan diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat. Selain itu, KIM juga sebagai wahana informasi antar anggota KIM, dari KIM kepada pemerintah, dan dari pemerintah kepada masyarakat.

Kegiatan itu turut dihadiri Kasi komunikasi dan informasi propinsi riau, Ita Mariani, para kabid dan kasi dilingkungan Diskominfotik Rohil, Camat, penghulu, dan KIM dari seluruh kecamatan di Rohil.( Jum /Auzar )