ROKANHULU(AuraNEWS.co.id) – Menyikapi keluhan masyarakat dengan adanya pembelajaran melalui daring (dalam jaringan) di masa Pandemi Covid-19, Rumah baca NiNa bekerja sama dengan SMP Muhammadiyah Rambah Hilir, melakukan sosialisasi literasi digital kepada masyarakat Pasir Utama pada Ahad 11, 15 dan 25 Oktober 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait penggunaan smartphone.

“Acara yang dilaksanakan dari rumah ke rumah, secara bergiliran dari RW 1 sampai RW 06 ini menampilkan materi pembelajaran aplikasi WhatsApp, Google Classroom Zoom Meeting dan YouTube. Diharapkan dapat membantu para orang tua agar memiliki pengetahuan dalam mendampingi anak-anaknya dalam pembelajaran daring selama pandemi,” demikian disampaikan Eva Novita, relawan Rumah baca NiNa.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan dedikasi Rumah baca NiNa dan SMP Muhammadiyah Rambah Hilir dalam berkontribusi kepada masyarakat Pasir Utama terutama menghadapi pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19.

Para peserta yang pada umumnya adalah ibu-ibu, tampak bersemangat mengikuti pembelajaran. Sesekali terdengar kelucuan karena ketidaktahuan mereka dalam menggunakan smartphone.

Tampak tiga relawan Rumah baca Nina, Eva, Pipit dan Dayu telaten mengedukasi para ibu dalam penggunaan aplikasi. Beberapa ibu mengakui dengan ketidaktahuan selama ini, mereka kerap dibohongi anak-anaknya terkait pembelian paket data.

Suratmi, salah seorang peserta menyatakan kepuasannya dalam mengikuti kegiatan. “Saya senang sekali, banyak hal yang tadinya saya tidak tahu, jadi tahu. Lain kali kalau ada kegiatan pembelajaran seperti ini, pasti ikut lagi,” ungkapnya.

Kegiatan ini didukung oleh Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Rokan Hulu dan Sibling’s Donut.(***/FDr/NH)