Kamis, Maret 28, 2024
BerandaAdvetorialTim Kukerta Pedagogik Buluh Manis Unri Bagikan Minuman Tradisional Jagurai

Tim Kukerta Pedagogik Buluh Manis Unri Bagikan Minuman Tradisional Jagurai

BENGKALIS(auranews.co.id) – Minuman tradisional menjadi pilihan yang tepat untuk memperkuat daya tahan tubuh di tengah pandemi corona saat ini. Oleh karena itu Tim Kukerta Pedagogik Buluh Manis membuat minuman tradisional yang dinamakan “JAGURAI” dan membagikannya kepada masyarakat desa Buluh Manis, kecamatan Bathin Solapan, pada Minggu (16/8/2020) sore.

Tim Kukerta Pedagogik Buluh Manis Universitas Riau ini beranggotakan Riki Andika (FH), Firmansyah (FH), Ophi Fransiska (FKIP), Lilis Mistina (FKIP), Yuli Wulandari (FT), Rini Elinda Putri (FKIP), Nila Safitri (FKIP), Siska Nurjanah (FKIP), dan Ika Syafrina (FKIP) yang dibimbing oleh dosen pembimbing yaitu Pak Abdullah, S.Si.,M.Si.

Sebelumnya pembagian “JAGURAI” telah dilakukan pada senam pagi bersama ibu-ibu dan anak-anak desa Buluh Manis (10/08/2020). Dengan koordinasi dan izin dari pihak Desa yaitu kepala desa Buluh Manis, Pak Legimun. Tim Kukerta Pedagogik Buluh Manis kembali membagikan “JAGURAI” kepada masyarakat dengan mendatangi ke rumah-rumah.

Masyarakat diharuskan tetap menjaga kesehatan agar tetap fit dan bugar menjalani pekerjaan disaat new normal ini. Disamping juga mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Salah satu upaya dalam menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan aman, salah satunya adalah jamu. Jamu merupakan minuman tradisional yang terbuat dari bahan alami yang memiliki banyak manfaat dan tentunya aman bagi tubuh.

Pemberian nama “JAGURAI” merupakan singkatan dari bahan-bahan yang digunakan, yaitu: jahe, gula merah, dan serai. Selain ketiga bahan utama tersebut juga ditambahkan jeruk nipis dan gula pasir. Bahan-bahan yang diracik memiliki kandungan kurkumin yang tinggi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Masyarakat desa Buluh Manis begitu antusias dengan adanya pembagian jamu herbal “JAGURAI” ini. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya masyakat yang bertanya bagaimana cara membuat “JAGURAI”. “Bagaimana cara membuat jamu JAGURAI nya dik?” tanya beberapa orang warga.

Langkah pembuatan “JAGURAI” ini tidak rumit, masyarakat dapat membuat sendiri di rumah. Pertama kupas bahan-bahan seperti jahe dan serai lalu cuci hingga bersih, setelah itu jahe diiris kecil-kecil, dan serai digeprek. Masukan kedalam panci serta tambahkan air, panaskan dan tunggu hingga mendidih. Setelah dingin jamu siap diminum. (yw)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments