ROKANHILIR(auranews.co.id) – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menyerahkan sertifikat Redistribusi Tanah dan sertifikat Tanah Wakaf. Penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual yang berlangsung di mess Pemda Rohil, Jumat (7/8/2020).

Maksud dari penyerahan sertifikat tanah secara virtual ini adalah pemerintah hanya membagikan kepada 5 penerima sertifikat secara simbolis lalu nanti sisanya akan diserahkan secara bertahap kepada masing – masing penerimanya.

Kepala Pertanahan Rohil, Rocky Soenoko SH, MS,i mengatakan, Pelaksanaan redistribusi tanah ini merupakan amah UU pokok Agraria nomor 5 tahun 1960 yang kemudian diperluaskan dengan peraturan Presiden nomor 86 tahun 2018 tentang reporma agraria.

Pada kesempatan ini, masyarakat Kabupaten Rokan Hilir akan menerima sertifikat hak tanah program redistribusi tanah sejumlah 218 sertifikat dan sertifikat tanah wakaf tahun 2020 sejumlah 10 sertifikat serta 500 sertifikat program TPSL yang diwakili lima orang untuk menerima sertifikat yang di serahkan langsung oleh Bupati Rohil H Suyatno.

Disaat di komfirmasi Rocky Soenoko SH, MS,i Kepala BPN Rohil, bahwa PTSL tahun 2020 di Kabupaten Rokan Hilir terdiri dari lima Kelurahan/Kepenghuluan di Kecamatan Rimba Melintang untuk PTSL ASN, dan 10 Kelurahan/Kepengurusan TPSL PM. Dan PTSL tahun 2020 selengkapnya sampai bulan Agustus.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sangat membantu dalam pelaksanaan program Redistribusi tanah dan sertifikat tanah wakaf ini, mulai dari tahap persiapan sampai acara pelaksanaan,”ungkap Rocky Soenoko.

Jelas Rocky Soenoko, sejak giat program PTSL digulirkan tahun 2017 sampai tahun 2020 ini, sudah terukur 45.500 bidang dan sertifikat sebanyak 21.144.

”Tentunya hal ini merupakan suatu kebahagiaan bagi masyarakat kabupaten Rokan hilir, mengingatkan dengan adanya sertifikat ini dapat memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada pemenang sertifikat sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki serta meningkatkan keadaan sosial,”ucapnya.

Rocky Soenoko mengucapkan terima kasih kepada yang sebesar besarnya kepada bapak bupati Rokan Hilir H Suyatno beserta jajarannya atas sinergitas dan kerja sama yang telah terjalin dengan baik,”ujarnya.( Jum /Auzar )