PEKANBARU(auranews.co.id) – Walikota Pekanbaru Dr. Firdaus ST.MT pimpin pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru dan didampingi Pj Sekda Kota Pekanbaru, Muhammad jamil serta pejabat teras Pemko Pekanbaru yang digelar di halaman Mesjid Nur Salim Kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Senin (3/8/2020) pagi.

Pelaksanaan Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1441 H. Namun, pelaksanaan Idul Adha tahun ini dipastikan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, termasuk perihal penyembelihan hewan kurban, lantaran dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Jumlah hewan qurban yang kita sembelih tahun ini dilingkungan Pemko Pekanbaru sebanyak 44 ekor. Saya memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang memecahkan rekor terbanyak dalam berqurban tahun ini yakni sebanyak 17 ekor,” ungkapnya dihadapan seluruh pejabat teras Pemko Pekanbaru. Penyembelihan hewan tersebut dipantau oleh Wali Kota pekanbaru beserta jajaran.

Wali Kota mengatakan, perayaan Idul adha agar dapat dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan solidaritas kepedulian kepada sesama dan belajar lebih mencintai Allah SWT, di atas kecintaan kepada harta benda dan dunia. Selain itu, baginya Iduladha menjadi saat yang tepat untuk memperkuat solidaritas dan berbagi dengan masyarakat kurang mampu, terlebih di masa pandemi COVID-19 saat ini” Ucap Firdaus.

Kemudian, Walikota Pekanbaru juga tidak bosan-bosannya memberikan himbauan kepada seluruh ASN dan masyarakat untuk mematuhi pelaksanaan protokol kesehatan dalam pembagian daging qurban nantinya.

“Kita berharap ibadah qurban sebagai sedekah dan semangat bagi kita semua untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 di Kota Pekanbaru, mari bersama melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bagian Kesra Kota Pekanbaru, Sarbaini memaparkan laporan penyembelihan hewan qurban tahun ini. Dari 44 ekor Hewan yang dikurbankan ada 8 ekor yang didistribusikan ke kawasan yang masyarakatnya kurang mampu untuk berqurban, Seperti di Mesjid At-Taqwa Kelurahan Okura, Mesjid Al-Mukminin Kelurahan Palas, Surau Sunud seroja, Kawasan tidak mampu di Tanjung Rhu, Pesantren Al Uhuah Panam, PWI Kota Pekanbaru, Pesantren Darul Nahdo di Palas dan Dikelurahan Tangor” bebernya.

Kemudian ia menambahkan, Hari Qurban (Iduladha) tidak memandang strata intinya kebahagiaan kebersamaan dalam menikmati daging dengan rasa syukur, sehingga daging ini dapat bermanfaat dan menjadikan pahala di mata Allah ta`ala,” tambahnya.

“Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail mengajarkan kita tentang pengorbanan dan keikhlasan. Semoga kita dapat meneladani, sehingga ikhlas menerima cobaan wabah COVID-19, dan menambah ketakwaan kita,” tutupnya.***