Selasa, April 16, 2024
BerandaNasionalAcehIAIN Langsa Wisuda 544 Wisudawan/wati

IAIN Langsa Wisuda 544 Wisudawan/wati

LANGSA-(auranews.id)- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mewisuda 544 wisudawan/wisudawati

bertempat di Laboratorium kampus tersebut, Rabu (11/9/2019).

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA dalam sambutannya mengatakan saat ini Institut Agama Islam Negeri Langsa telah memasuki tahun terakhir dari tahapan pertama rencana strategi pengembangannya, yakni periode 2015-2019, dengan sasaran “Peningkatan kapasitas kelembagaan”.

Lanjutnya, penguatan kapasitas kelembagaan merupakan wujud dari reformasi birokrasi di lingkungan IAIN Langsa dan sebagai upaya untuk mewujudkan akuntabilitas kelembagaan, yakni melalui : Penguatan Kelembagaan dan Sistem Manajerial, Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pengembangan Sarana dan Prasarana, serta Perluasan dan Peningkatan Layanan.

Menurut Rektor, beberapa tahun terakhir telah menunjukkan berbagai capaian yang menggembirakan, yakni fungsi-fungsi kelembagaan telah berjalan sebagaimana mestinya, kuantitas & kualitas sumber daya manusia meningkat, Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan, Meningkatnya kualitas layanan Akademik dan Kemahasiswaan, Meningkatnya berbagai prestasi yang  diperoleh  baik  oleh  mahasiswa maupun dosen, Meningkatnya kuantitas dan kualitas mahasiswa, Optimaliasi Fungsi Penjaminan Mutu dan Peningkatan Akreditasi.

Walikota Langsa Usman Abdullah, SE dalam sambutannya mengatakan prosesi Wisuda ini merupakan sebuah refleksi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan khususnya pada hari ini adalah keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di salah satu perguruan Tinggi  islam terbaik di Aceh yaitu IAIN Langsa dan ini merupakan Prosesi pelaksanaan Wisuda pertama Kalinya sesudah berubah nama dari STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa menjadi IAIN Langsa.

Lanjutnya, Pemerintah Kota Langsa meyakini bahwa para wisudawan/wisudawati yang di wisuda pada hari ini adalah orang orang hebat memiliki semangat juang tinggi serta peduli dan bertanggung jawab terhadap Agama, Masyarakat dan Bangsa.

Walikota menjelaskan, penting bagi semua muslimin/Muslimat agar terus mendalami ilmu agama secara totalitas dan kontinyu, salah satunya dengan mengaji ke dayah- dayah salafiah maupun mengaji ke Ustaz-ustaz atau guru-guru pengajian yang ada di Kota Langsa ini, sehingga pemahaman AGAMA menjadi lebih baik dan tidak  gagal faham dalam memaknai kontek  Moderasi Beragama dalam Menghadapi Era Disrupsi ini.

Sementara iti, sebelumnya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan, MA mengatakan, dari 544 sarjana yang diwisuda terdiri dari beberapa Prodi, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 50 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), 28 orang, Prodi Pendidikan Matematika (PMA), 118 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), 56 orang, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), 48 orang, Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), 57 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), 18 orang, Prodi Hukum Tatanegara Islam (HTN), 8 orang, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), 25 orang, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), 47 orang, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), 1 orang, Prodi Perbankan Syariah (PBS), 88 orang.

Suhaili menjelaskan Wisuda merupakan momentum tanda berakhirnya tugas layanan dan asuhan secara formal IAIN Langsa kepada mahasiswa dalam mengembangkan potensi mahasiswa menjadi insan yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu sesuai bidang keahliannya.

Di samping itu wisuda adalah peristiwa penting untuk menandai batas antara tahapan kehidupan belajar di kampus dengan status mahasiswa dan tahapan kehidupan mengamalkan ilmu di dunia kerja dan masyarakat dengan status sebagai lulusan yang akan mengabdi dan menata karir di masa depan.

Prosesi wisuda turut dihadiri oleh Walikota Langsa, jajaran Forkopimda Kota Langsa, Rektor IAIN Lhokseumawe, ketua MPD Kota Langsa, perwakilan Universitas Samudera Langsa, perwakilan Universitas Malikusaleh Lhoksemawe, para sepuh kampus IAIN Langsa. (din).

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments