Jumat, April 26, 2024
BerandaDaerahDandim Aidil Jadi Narasumber Sosialisasi Pencegahan Karlahut di Rokan Hulu

Dandim Aidil Jadi Narasumber Sosialisasi Pencegahan Karlahut di Rokan Hulu

ROHUL (auranews.id) – Komandan Kodim (Dandim) 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin Hasan, S.IP, M.I.Pol diberikan kehormatan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) sebagai narasumber dan pembicara pada kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Undang-Undang Desa, Kelurahan, dan Pengelolaan Keuangan Desa, Kelurahan yang dilaksanakan di Convention Center Hall Masjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian, Kamis (17/1/2019).

Hadir pada kegiatan ini Bupati Rohul, Direktur kriminal Khusus Polda Riau, Asisten Pidana Khusus Kajati Riau, Dandim 0313/KPR, Kapolres Rohul, Ketua DPRD Rohul, Kajari Rohul, Kepala Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian, Kalapas Kelas IIB Pasir Pangaraian, Ketua Pengadilan Agama Pasir Pengaraian, Ketua LAMR Rohul, Ketua MUI Rohul, hadir juga Sekda Rohul, serta seluruh  Pejabat dilingkungan Pemkab Rohul, termasuk Danramil, Kapolsek, Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Pada Kesempatan ini Dandim Aidil menyampaikan pentingnya kesadaran masyarakat dalam pengawasan dan pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) disetiap wilayah Kecamatan atau Desanya, khususnya diwilayah Kabupaten Rohul.

Dandim Aidil juga mengingatkan bahwa terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) bukan hanya terjadi karena faktor alam dan human error saja, namun juga karena tergiurnya oknum-oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab yang ingin membuka lahan secara instan dengan cara membakar tanpa memperhatikan serta mempertimbangkan dampak dan resiko yang akan ditimbulkan dari hal tersebut.

Maka untuk itu Dandim Aidil menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahayanya membuka lahan dengan cara membakar.

Kemudian juga meminta agar semua pihak untuk bersama-sama memantau dan menjaga serta turut membantu dan berperan aktif berkomunikasi dan berinteraksi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang selalu bertugas dan berada dilapangan dalam mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan (Karlahut).

“lebih baik kita bersama-sama mencegah, menjaga, mengantisipasi serta mengawasi daripada memadamkan api,” ujar Dandim Aidil.

Selanjutnya, Dandim Aidil juga berharap kedepannya tidak ada lagi terjadi Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) diwilayah Riau, Khususnya di wilayah Kodim 0313/KPR dan Kabupaten Rohul tentunya, kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments