Jumat, Maret 29, 2024
BerandaDaerahDanyonif 132/BS Ziarah ke Pemakaman Desa Pulau Lawas dan Muara Uwai

Danyonif 132/BS Ziarah ke Pemakaman Desa Pulau Lawas dan Muara Uwai

BANGKINANG(auranews.id) – Danyonif 132 Bima Sakti, Letkol Inf Aidil Amin SIP berziarah ke Taman Pemakaman Mushiroh, Desa Pulau Lawas, Kecamatan Bangkinang, Sabtu (23/6/2018).

Ziarah kubur yang juga dikuti oleh ribuan warga ini sudah menjadi tradisi masyarakat turun menurun. Ini diadakan setiap perayaan hari raya enam yakni pada tanggal 8 Syawal. Berhubung tahun ini 8 Syawal jatuhnya pada hari Jumat, warga setempat melaksanakan Ziarah kubur ini pada tanggal 9 Syawal. Menariknya, perayaan hari raya enam ini lebih meriah dibanding hari raya Idul Fitri 1 Syawal.

Sebelum berziarah, Letkol Inf Aidil yang akrab disapa Ocu Aidil ini bersilaturahmi dengan masyarakat dan menyampaikan beberapa pesan kepada masyarakat terkait keberkahan Ramadhan.

Terkait dengan tradisi ziarah kubur pada hari raya enam ini, Ocu Aidil menilai hal ini sangat positif. Sebab, semua masyarakat setempat ikut berpartisipasi dalam hal ini.

“Ini sangat bagus. Kita mendoakan keluarga dan saudara kita yang sudah terdahulu, agar diampuni dosanya. Ini juga momen bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperkuat tali persaudaraan sesama kita,” sebut Putra kelahiran Pulau Birandang, Kampar itu.

Dia juga berpesan kepada masyarakat, untuk mempersiapkan diri dengan kematian. “Asal dari tanah, kembali ke tanah. Kita tidak tahu kapan kita kembali,” sebutnya. Dia juga berharap, tradisi di Kampar yang merupakan serambi Mekah Riau ini, menjadi contoh bagi umat Islam di Riau.

Terkait Pilgubri yang beberapa hari lagi akan digelar, dia meminta masyarakat agar selalu menjaga keamanan agar Pilkada berjalan kondusif. “Berbeda pilihan itu biasa, tapi jangan sampai kita terpecah belah,” kata Ocu Aidil.

Usai berziarah di Taman Pemakaman Mushiroh, Ocu Aidil ziarah di Pemakaman Umum Darun Nahdhah Desa Muara Uwai.

(NDs)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments